Cara dan tips memasang senar biola untuk pemula

1

Seringkali kendala kita ketika pertama kali membeli biola yaitu kita tidak tahu cara menyetem (tuning) biola. Kita harus kerepotan bertanya kesana kemari mencari teman yang bisa membatu kita. Apalagi ketika senar biola kita putus. Makin runyam permasalahan. Pernah ngalamin nggak? gue awal-awal belajar ya gitu. Akhirnya bukannya senar baru kita terpasang. Malahan putus. Haduh. Keselnya itu luar biasa.

Nah disini gue akan memberikan tips, sekaligus memberikan cara agar hal-hal yang pernah gue alamin dulu tidak terulang lagi ke temen-temen semua. Gue tulis secara sistematis ya. Biar enak bacanya.

  1. Copot senar yang lama.

violin_string_peg_2

Nah disini kalian harus sangat ekstra hati-hati ketika melepaskan senar. Karena akibatnya bisa sangat fatal. Yaitu cat biola kalian bisa tergores, bahkan ketika bridge nya jatuh dan tidak seimbang maka biola kalian ada kemungkinan retak ataupun pecah.

Yang harus dipersiapkan yaitu kain atau alas apa aja untuk ditaruh dibawah tailpiece untuk melindungi biola kalian. Selanjutnya kendorkan semua senar perlahan-lahan. Jangan satu-satu. Nanti bridgenya bisa tidak seimbang dan jatuh.

Sesudah semua senar kendor, ambil bridgenya dulu dan dibiarkan tailpiecenya diletakkan ke alas kain yang sudah kita siapkan tadi. Baru deh senar copot satu-satu.

2. Lumasi tuning peg

 

Bukan pake oli ya. hahaha. Tuning biasanya akan mengeras ketika kita sudah lama tidak mengganti senar biola kita. Maka dari itu kita bersihkan dulu biar ga jorok aja. Baru kita lumasi. Ada 2 cara melumasi tuning peg. Pertama, menggunakan pensil. Tujuannya yaitu untuk melicinkan peg kita ketika diputar dirasa sangat keras. Kedua, menggunakan bubuk rosin. Tujuannya agar mengeraskan peg kita yang licin. Nah, sekarang tinggal diliat dulu peg kita. Terlalu licin atau terlalu keras? tinggal kita pake deh pensil atau bubuk rosinnya.

3. Lumasi nut dan bridge.

Alat yang digunakan yaitu sama. Pensil. Agar senar kita ketika diputar tidak tersangkut di serat nut ataupun bridge kita. Lumasi di seluruh bagian biola yang dilewati senar. Seperti nut dan bridge tadi.

Tapi ketika senar kita menggunakan plastik penahan senar yang di bridge, maka tidak dianjurkan untuk dilumasi lagi dengan pensil. Biasanya kasus ini ditemukan di beberapa senar yang senar E nya ada pelindung plastiknya.

9b870e9105cb49ad21957feff968f8bao.png

4. Memasang senar.

pegbox

Mulai lah dari senar yang tuning pegnya terdekat dari nut. Yaitu urutannya seperti ini; senar G, senar E, senar D, dan terakhir senar A. Kenapa? Supaya tidak merepotkan kita nanti ketika melompati senar yang harusnya terpasang lebih dulu.

StringChangeSmall

Gulung senarnya harus rapi tidak boleh acak-acakan. Letakkan senar ke peg, lalu putar secara perlahan dan sesuaikan panjangnya hingga mencapai lubang tailpiece ataupun finetuner. Sebelum dikaitkan ke tailpiece, pastikan senar dalam keadaan tidak tergulung ataupun melintir.

correctangle

Selanjutnya pasang bridge dan letakkan senar biola diatas bridge. Kencangkan dengan perlahan dan selalu perhatikan posisi bridge. Posisinya harus tegak lurus dan tidak mencong kiri kanan. Harus benar-benar presisi.

5. Tuning

Tuninglah dengan perlahan. Tips saya sih. Tuning setiap senar dengan nada turun 1. Misalnya G menjadi F. D menjadi C. A menjadi G. Dan E menjadi D. Agar tidak terlalu kencang dulu, dan senar kita seimbang.

Setelah itu, baru kita kencang sesuai tuning standarnya yaitu GDAE.

6. Sesuaikan sudut peg

Ketika kita lihat dari samping, peg harus dalam keadaan vertikal, bukan horizontal. karena itu merupakan sudut yang paling enak untuk tuning kita nantinya. Dan juga untuk mengurangi kejadian senar tiba-tiba turun ngelos gatau kenapa. Nah kuncinya ya di posisi peg ini. Jadi harus benar-benar sesuai agar kita tidak khawatir senar kita akan turun ketika kita bermain di atas panggung.

Ya cukup sekian dari gue. Oh iya satu lagi tambahan. Untuk senar biola, biasanya untuk beberapa hari tuningnya akan turun terus. Makanya jangan malas untuk mengecek biola kalian. Karena senar biola itu butuh beberapa hari untuk beradaptasi terhadap biola kalian. Thanks udah baca. Yang mau nanya silahkan komen dibawah.

Salam Gesek

Advertisements