Tips berlatih membaca notasi balok secara sight reading atau primavista

670px-Sight-Read-Music-Step-1Sebagai musisi pemula, terkadang kita sering mengalami kendala dalam membaca notasi terutama notasi balok. Not balok seolah-olah terlihat sangat sulit dibaca oleh kita yang baru belajar musik dan partitur musik seperti diperuntukkan hanya kepada mereka yang belajar musik secara formal. Kenyataannya tidak kawan-kawan! Siapapun bisa belajar membaca notasi, asalkan tau dasar-dasarnya saja. Karena secara teori dalam membaca notasi balok itu tidak terlalu banyak kok. Di sekolah-sekolah juga biasanya diajarkan dasar-dasar membaca not balok di mata pelajaran kesenian. Nah, selebihnya kita hanya butuh kemauan yang kuat saja dalam berlatih. Yaa kata guru saya sih gitu, lebih susah belajar baca Al-Quran daripada baca not balok hehe

Untuk dasar-dasarnya temen-temen coba dibuka lagi deh buku-buku pelajaran keseniannya sewaktu SMP atau SMA. Terutama materi tentang simbol dan nilai not, tempo, dan istilah-istilah dasar lainnya. Karena disini saya tidak membahas hal tersebut lagi. Perihal yang mau dibahas yaitu pola latihan yang saya lakukan ketika berlatih membaca not.

Oh iya, saya belum jelasin apa itu sight reading atau primavista. Sight reading itu apa sih? ya kalo diartiin secara harfiah sih artinya baca sekilas. Kalo primavista itu cuman istilah lainnya saja. Jadi kita membaca notasi itu tidak ‘mengeja’ lagi. Dengan sekali liat saja kita langsung bisa membaca partitur sekaligus memainkkannya dalam satu waktu. Keren kan? hahaha

Nah silahkan dibaca dan dipraktekkan tips-tips dibawah ini. Cekidot.

1. Pilih materi musik yang cocok untuk kita

Sebagai pemula, kita harus mengukur kemampuan kita berada di tahap apa. Untuk yang belum pernah baca sama sekali, jangan menunggu lagi. Langsung saja dipraktekkan. Tapi harus membaca not-not yang dasar terlebih dahulu seperti not penuh atau not setengah. Jika sudah bisa, kita pilih pariture yang sekiranya selevel dengan kemampuan kita. Jangan terlalu memaksa.

2. Tenang

Jangan grogi dan merasa takut melihat partitur yang terlihat susah karena itu merupakan awal dari masalah kita dalam membaca. Tarik nafas, rileks dan tenangkan diri kita agar kita berlatih dengan konsentrasi penuh. Kesalahan seperti salah membunyikan not dan tempo berasal dari rasa ragu yang berlebihan.

3. Baca Judul lagunya terlebih dahulu

Sepertinya hal ini sepele, tetapi ini sangat penting. Dengan membaca judul, kita bisa menyimpulkan keseluruhan isi dari materi yang akan kita bahas. Jika kita tidak membaca judul lagu tersebut, kita akan kehilangan kunci utama untuk mengetahui emosi dan mood lagu tersebut. Kita harus masuk ke lagu yang akan kita mainkan agar bunyi yang dihasilkan memiliki emosi yang cukup kuat.

4. Lihat tempo

Biasanya tanda tempo diletakkan dibawah judul disebelah kiri. Biasanya cuma dituliskan alleggro, andante, vivace, lento dll (nah, ini harus dibaca lagi istilah-istilahnya). Atau bisa juga menggunakan angka dengan skala ukuran waktu bpm (beat per minute). Usahakan berlatih dengan metronome agar tempo yang kita latih lebih stabil. Tempo merupakan hal dasar yang penting ketika kita bermain secara berkelompok dan juga tempo menentukan emosi ketika kita bermain.

5.  Lihat birama

Lihat jumlah ketukannya dalam satu bar. Ada 4/4, 3/4, 3/8 etc. agar kita mengetahui nafas lagu yang akan dimainkan. Dimana ketukan pertama akan dimulai.

6. Lihat nada dasar

Ini hal penting yang harus diperhatikan, karena ketika kita salah membaca nada dasar, lagu yang kita mainkan akan terdengar aneh atau fals. Apakah kita bermain di nada dasar C, D, G, C#, Eb etc.

7. Lihat tanda perubahan

apakan dipartitur yang kita baca ada tulisan accelerando ataupun ritardando? perhatikan bagian-bagian mana saja yang harus diturunkan ataupun dinaikkan temponya. Tanda repeat (pengulangan), Fermata dll.

8. Lihat tanda dinamik

Perhatikan tanda forte, piano, crescendo, descrescendo dll. Bagian mana saja yang harus kita mainkan keras ataupun lembut agar lagu yang kita mainkkan lebih berwarna dan tidak kaku,

9. Perhatikan awal lagu

Awal lagu (biasanya beberapa bar di awal lagu)  merupakan tema dari sebuah komposisi atau kadang merupakan intro lagu. Baca beberapa kali sampai benar-benar ‘nempel’. Nyanyikan didalam hati. Hal ini dapat mempermudah kita menemukan gaya musik yang akan dimainkan karena kalimat-kalimat selanjutnya yang akan kita mainkan biasanya merupakan pengembangan dari tema tersebut. Baik dari segi pengembangan rythm ataupun melodi.

10. Fokus terhadap not-not yang susah dimainkan

Jika kita melihat not yang sekiranya bisa kita mainkan dengan mudah, lompat ke bagian yang lebih susah. Perhatikan pola rythm yang berbeda terutama not-not yang cepat seperti 1/8 dan 1/16.

11. Perhatikan ending lagu.

Bagian ini merupakan kesimpulan dari sebuah lagu. Normalnya, bagian ini merupakan bagian yang sulit dan dimainkan lebih dramatis daripada bagian lagu lainnya. Emosi yang kita sampaikan harus lebih ‘ngena’. Jika diawal kita harus memulai lagunya dengan baik, endingnya juga harus dimainkan dengan lebih berkesan. Yaa biar dapet tepuk tangan yang meriah ntar hehe

12. Baca lagi awal lagu

Loh kok dibaca lagi? haha. Setelah kita melihat komposisi yang akan kita mainkan secara keseluruhan, kita harus mengingat lagi rythm dasar yang akan kita mainkan dengan kemungkinan ratusan not yang akan kita bunyikan nanti.

13. Mainkan

Siapkan jari anda di nada pertama sebelum menggesek biola. Sepengalaman saya, nada pertama yang kita bunyikan juga menentukan hasil lagu kita nanti. Awalnya saja sudah fals, gimana nada-nada selanjutnya? hehe hal ini bisa menurunkan mood kita sewaktu bermain.

14. Mainkan secara perlahan

Mulailah dari tempo perlahan terlebih dahulu untuk mengurangi kesalahan yang akan muncul. Ketika kita melakukan kesalahan ditengah jalan, jangan berhenti. Terus saja baca dan mainkan sampai lagu selesai. Ulangi lagi dari awal, sampai kesalahan yang kita dapat semakin sedikit. Setelah semakin lancar, naikkan tempo sedikit demi sedikit sampai akhirnya kita mencapai tempo yang seharusnya.

15. Biasakan mata fokus ke setiap not. Jangan melihat ke arah lain.

Jangan lirik-lirik ke arah lain, apalagi kalau ada cewek cantik yang lewat. Cuekin saja. Tetap fokus ke partiture yang kita baca. Karena sekali saja mata kita tidak fokus, not dan tempo yang kita mainkan akan buyar. Dan juga jangan biasakan melihat ke arah fingerboard biola. Biarkan jari kita meraba sendiri not yang akan kita bunyikan.

Segitu saja tips dari saya, ya mungkin kalau ada hal yang tidak sesuai mohon kritik dan sarannya. Membaca sambil memainkan memang butuh konsentrasi yang ekstra. Karena mata, tubuh, pikiran, dan emosi kita harus sejalan agar bunyik yang kita hasilkan bisa terdengar indah.

Selamat mencoba. Salam Gesek!

Advertisements

2 thoughts on “Tips berlatih membaca notasi balok secara sight reading atau primavista

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s