Cara mengetahui bow atau busur biola yang bagus

hpm_0000_0002_0_img0218

Sebagai seorang pemain biola (violinist), mempunyai busur atau bow yang bagus merupakan salah satu hal yang penting.  Dalam membeli bow, hal pertama yang perlu diingat bawa busur yang harganya lebih mahal belum tentu membuat anda bermain biola menjadi lebih baik.   Kualitas bow biola yang baik dapat kita lihat dari beberapa hal:

1. Bahan. 

bahan kayu bow biola

bahan kayu bow biola

Bahan kayu yang bagus untuk stick bow biola biasanya dibuat menggunakan kayu pernambuco yang merupakan kayu asal brazil. Hampir seluruh violinist bownya terbuat dari kayu ini. Tapi sekarang sudah banyak beredar dipasaran bow yang berbahan fiberglass yang “katanya” karakteristik kelenturannya sama dengan kayu pernambuco”. 

Selain stick bow, bahan dari hairbow (rambut busur) juga dianggap penting karena bagian inilah yang berkontak langsung dengan senar biola. Secara tradisional, hairbow biola menggunakan rambut kuda putih. Para pembuat biola telah mencoba beberapa bahan lain sebagai pengganti rambut kuda tersebut, tetapi hasil yang didapat tak sebagus rambut kuda. Busur yang mempunyai hairbow yang buruk itu ibarat sebuah biola yang bersenar jelek.

2. Bentuk

Ada dua bentuk umum bow pada biola yaitu berbentuk bundar dan oktagonal. Beberapa orang beranggapan bahwa bentuk bow yang heksagonal itu lebih bagus dan kuat, dan sebagian lagi berpendapat bahwa bentuk bow yang bundar malah yang lebih bagus. Bentuk bow sebenarnya tidak terlalu penting, yang penting adalah bahannya. Banyak yang saya lihat pemain profesional yang menggunakan bow yang bundar dan heksagonal, tidak mengkhususkan satu bentuk tetapi melihat kenyamanan sang violinist. Jadi, dalam mencari bentuk busur, lebih baik menyesuaikan kenyamanan anda saja.

contoh stick bow yang oktagonal

contoh stick bow yang oktagonal

3. Keseimbangan

Keseimbangan bow biola yang baik itu sangat penting. Berat frog dan ujung biola harus pas. Apabila frog terlalu berat, bow tersebut akan mengalami kesulitan ketika dikontrol dan gesekan dibagian ujung akan terasa kaku, sedangkan apabila bagian depan yang terlalu ringan menyebabkan pemain biola butuh tenaga ekstra untuk menggesek bow bagian ujung.

 

4. Kekuatan dan Kelenturan.

Kekuatan dan kelenturan pada dasarnya bertentangan, namun dua hal ini sangat diperlukan untuk membuat busur menjadi lebih enak digesek dan mampu menghasilkan nada yang baik. Bow yang kuat dapat membuat nada yang lebih powerful dan jelas. Bow juga harus lentur agar nada yang dihasilkan tidak kaku dan kasar.

Untuk mengetahui kekuatan bow biola, kita bisa mengecek dari susah tidaknya dalam memutar screw di pangkal biola. Jika dalam memutar screw tersebut dianggap terlalu mudah atau ringan, kekuatan dan kelenturan bow biola biasanya lemah. Selain itu dapat juga dipastikan dengan menekan hairbow yang telah dikencangkan dengan penuh ke senar biola. Apabila ketika ditekan hairbow menyentuh stick biola, kekuatan dan kelenturan kayu masih belum kuat.

 

5. Lengkungan dan kelurusan.

Bow biola umumnya berbentuk melengkung dari bagian tengah sampai ke ujung bow. Lengkungan ini sangat penting untuk memberi ketegangan pada hairbow ketika dimainkan. Jika bow mempunyai lengkungan yang terlalu melengkung, ini dapat membuat bow menjadi kaku dan jika tidak terlalu melengkung dapat menyebabkan gesekan menjadi lemah. Bow yang berkualitas kurang bagus, lengkungannya akan cepat berkurang dimakan usia karena gesekan yang dilakukan setiap hari. Selain itu, kelurusan bow juga harus penting. Bow yang tidak lurus misalkan terlalu membengkok ke kanan ataupun ke kiri dapat membuat bow menjadi susah untuk dikontrol. Jadi, semakin bagus kualitas sebuah bow, maka akan butuh waktu lama bow mengalami masalah-masalah tadi. Sebenarnya bow yang bengkok dapat diperbaiki oleh ahli pembuat biola, akan tetapi akan berakibat berkurangnya kekuatan bow dalam menggesek.

images (2)

Selamat menggesek!

Advertisements

4 thoughts on “Cara mengetahui bow atau busur biola yang bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s