Memilih biola yang cocok untuk pemula

Image

Bingung mencari biola yang cocok buat anda? sedangkan anda masih awan tentang dunia perbiolaan?

Pada dasarnya biola itu dapat dibagi menjadi 2 tipe menurut fungsi dan tujuannya yaitu; Student Violin dan Professional Violin. Student Violin merupakan biola yang memang dikhususkan untuk pemula atau disini bisa kita sebut dengan istilah Student (Pelajar) sedangkan Profesional Violin dikhususkan untuk mereka yang sudah serius berkarir di bidang biola. Perbedaan yang mendasar dari kedua tipe biola ini dari harga yang harus ditebus untuk membelinya. Professional Violin harganya memang agak mahal dibandingkan Student Violin karena bahan kayu dan cara pembuatannya sangat berkualitas.

Tapi mengapa kedua tipe biola ini harus dibedakan? Apa anda masih belum pantas untuk membeli biola yang lebih mahal? sedangkan anda punya uang lebih? 

Belajar biola itu pada dasarnya susah dan butuh kesabaran ekstra. Salah satu guru biola saya mengatakan bahwa butuh kurang lebih 4 tahun untuk menguasai alat musik ini. Dan alhamdulillah saya baru belajar satu tahun sampai saat ini. Banyak sekali orang-orang yang awalnya ingin belajar biola tetapi menyerah di tengah jalan sehingga biola yang dibeli menjadi terbengkalai dan berdebu di pojok ruangan sebagai hiasan. Hal inilah yang membuat saya lebih menyarankan untuk membeli biola pemula yang lebih murah dulu agar biola tersebut tidak terlalu “mubazir” jika kalian menyerah.

Tapi anda sudah bertekad kuat dan tidak akan menyerah walaupun butuh 4 tahun belajar biola? Tidak apa-apa kan kalau langsung beli biola yang profesional?

Oke tidak apa-apa jika anda mempunyai uang yang cukup untuk membeli biola mahal. Hal tersebut sebenarnya kembali lagi dengan keadaan ekonomi anda yang mumpuni atau tidak. Tapi menurut hemat saya, membeli sebuah biola itu merupakan suatu pencarian. Kita tidak akan menemukan biola yang pas hanya dengan sekali menentukan. Walaupun mungkin anda sudah nyaman dengan biola pertama anda, pasti ada beberapa bagian yang akan anda ganti atau upgrade. Misalnya senar dll. Sebagai orang yang awam, kita masih buta akan suara biola yang di idam-idamkan. Butuh proses menemukan suara yang enak di telinga anda. Alangkah sayangnya ketika biola yang kita beli dengan harga mahal dan harus dijual murah karena tidak sesuai dengan suara biola yang kita inginkan.

Jadi anda sebagai seorang pemula seperti ini harus membeli Student Violin seperti apa?

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu siapkan budget yang pas dengan dompet anda. Karena setau saya harga biola student itu berkisar antara Rp. 600.000,- sampai Rp. 1.500.000,-. Ada beberapa merk terkenal yang biasa digunakan oleh pemula untuk belajar biola seperti hofner, cremona, steiner, skylark, dll. Sebagian buatan cina dan buatan eropa, ini tidak masalah karena untuk ukuran Student Violin kualitas biola cina tidak kalah dengan eropa. Sebagai pemula alangkah baiknya untuk mengajak orang yang lebih tahu tentang cara memilih biola yang tepat. Misalnya guru musik atau teman anda yang sudah memainkan biola lebih dulu. Hal ini dikarenakan biola mempunyai ukuran-ukuran tertentu dan disesuaikan dengan bentuk tubuh anda, jadi harus lebih teliti.

Selamat menggesek ria!!! Semangat!!!

Silahkan posting kalau ada yang mau ditanyakan atau di share 🙂

297 thoughts on “Memilih biola yang cocok untuk pemula

  1. Kakak sy mau tanya, sy punya basic piano dan gitar tapi cuman sampai level perkenalan dan membaca not, sy mulai tertarik berlajar violin itu saat SMA tapi dikabulin beli violinnya baru pas masuk kuliah, umurku 19 tahun violin pertamaku itu merek vienna (sedikit curhat), nah yang sy mau tanya harga violin vienna itu berapa sih kak sy cari di referensi dan blog2 kok harganya 600san ke atas ? sedangkan katanya ayah saya beliau membelinya 2jutaan setelah saya cari2 lagi referensi violin yang bagus itu suaranya horrnest, tapi sy sudah nyaman dengan violin viennaku lagi pula suaranya sudah lumayan .. Sy belajar secara otodiak karena dari awal belajar music piano maupun gitar saya nyaman dengan otodiak karena versi belajar sy hanya dengan melihat dan meniru pasti bisa, tapi setelah sy lihat2 lagi pemain viloin profesional itu ada gurunya menurut kakak sy harus les juga tidak ya ? sy mau serius belajar violin .. Maaf isi pertanyaan ini kebanyakan sesi curhatnya .. Ah lupa kalau ganti senar bagusnya ganti semua atau hanya yang putus saja senar E ku putus tapi setelah lihat2 referensi lagi ternyata banyak sekali merek senar, merek yang bagus apa ?.. Untuk ahli dalam violin itu butuh 4 tahun lebih ya ? 10000 jam ? apa sebaiknya sy les saja ya kak ? .. Mohon masukannya .. Terima kasih sebelumnya ..

    • Biasanya beberapa senar biola itu ada umurnya, ada yang beberapa bulan udah ga enak, ada juga yang sampe setahun juga masih enak. Tapi usahakan 1 tahun udah diganti, soalnya kalo kelamaan senarnya mengeras dan bisa ngerusak biolanya. Kalo salah satu senarnya putus ya boleh kok diganti satu doang. Ya kalo punya uang boleh juga diganti semua. Asal inget tadi, umur senar kamu kalo pantes buat di ganti semua, ya ganti aja.

      Namanya belajar dari mana saja bisa, alangkah bagusnya ada yang mengajarkan. Dan yang mengajarkan itu benar2 orang yang paham tentang pengajaran biola. Biar proses latihan kamu ada yang memantau, ada yang membimbing, jadi belajar kamu lebih effektif. Tapi jangan cuma berharap ilmu dari guru saja, coba cari juga sumber lain seperti buku, video, teman, sampai nonton konser. Semangat!

  2. Kak rata-rata biola cina itu bobrok gak? Sekalian rekomendasiin biola buat newbie yang produk dari luar cina dong:3 hehe makasi

  3. Mas mau nanya cara gesek biola gimana si yang enak terus nyeting senar dan lain lain itu juga gimana mohon pencerahannya..
    Trims

  4. Untuk anak 4 tahun, ukuran berapa ya mas? Masih TK nih, tp dia minta sendiri ekskul biola di sekolahnya.
    Terima kasih.

  5. mas mau nanya nih… kalo biola merk premiere 4/4 bagus ga sih buat pemula?
    trus, biolanya tuh secondhand tapi kondisinya msih bagus krn pemilik sblumnya cma makai beberapa kali aja. dijawab ya mas, makasih 🙂

  6. mas mau tanya, saya tadi nemu biola 400k, katanya itu buatan solo. Gimana pendapat masnya? kira kira biolanya bagus ga? soalnya saya ga ngerti biola + ga ada temen yg ngerti biola juga.

  7. MAs, saya sdah umut 20 an, sya bru mnat bljar biola stlah lhat d academi kira 2 saya masih pantes ndak yaa bwat bljar biola, pngen bnget bisa maen biola, rasaxa dengan main biola kta bsa ungkapkan perasaan terdalam kta tanpa perlu mngucapkannya, (curhat dikit) pngen bnget bisa main biola, tapi saya juga dalam keadaan mmbagi waktu bwat kuliah sama kerja, tapi pngen bnget bisa maen biola bwat mlpas smua yg tertkan lwat biola( curhat lagi) mohon sarannya…

  8. Mas saya mau tanya, saya sekarang kuliah semester 2. Dari smp sudah punya keinginan untuk punya biola. Tapi waktu itu ekonomi keluarga saya sedang lemah jadi tidak bisa diwujudkan. Alhamdulillah sekarang sudah dapat beasiswa. Jadi saya ingin coba beli biola. Tapi teman saya banyak yang bilang kalau untuk pemula dalam bermain instrumen, sebaiknya coba main gitar dulu. Karna gitar adalah kuncinya bermain musik. Jadi pertanyaan saya, apakah yg teman saya bilang itu benar mas? Jadi saya harus beli gitar dan bermain gitar saja dulu?
    Makasih banyak mas sebelumnya. Sangat dibutuhkan responnya! Hehe

    • Murid saya ada yang ga bisa main alat musik lain kecuali biola. Dan bisa2 aja. Karena alat musik itu punya cara belajar masing2. Tapi memang dianjurkan untuk mempelajari dasar2 piano atau gitar. Tapi bukan berarti ga boleh belajar biola kalo kamu ga bisa main gitar ataupun piano. Thanks

  9. Kak aku bentar lagi mau beli biola hofner putih umur ku 10 hampir 11 cocoknya ukuran berapa dan harganya berapa

  10. Mas saya kelas 2 SMA umur 16 tahun , pengen belajar biola kira2 saya harus daftar les dulu atau beli biola dulu nih? Hehehe
    trus kalo beli biola yang cocok ukuran berapa ya?

  11. Hi. Saya baru akan mencoba bermain biola. Apa kakak punya kenalan yang bisa melatih untuk sekitaran jakarta barat? Dan juga saya belum paham tentang memilih biola, takut salah untuk membelinya. Apa kakak juga menjualnya? Jadi saya bisa membeli di kakak 😊.

    Xoxo

  12. S.pagi..saya mau tanya, apakah sulit utk belajar biola? Krn saya ingin skali belajar. Saya belaja piano sdh hampir 25th lbh dan skrg ingin skali bs main biola. Sbaiknya biola spt apa utk saya? Umur saya 46thn trima ksh

Leave a Reply

