Cara memilih gitar akustik yang cocok untuk anda

ImageGitar akustik kesayangan saya merk Cort tipe AD 850 SS, saya beri nama Zeta. Harganya sekitar 900 ribuan, nggak tau sekarang berapa soalnya kemarin kebetulan lagi ada diskon. hehe

Saya adalah seorang yang hobi bermain gitar sejak masih duduk di kelas 2 SMP. Saya menyukai gitar akustik maupun elektrik dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana menentukan gitar akustik yang pas dan cocok dengan kebutuhab anda. Kita harus menyesuaikan kriteria yang kita inginkan dengan gitar akustik yang akan kita beli. Hal ini sebenarnya susah-susah gampang seperti dalam perihal mencari kekasih (curhat deh hehe). Oke langsung aja ke poin-poin yang harus diperhatikan dalam membeli sebuah gitar akustik. Check it out!

1. Tentukan kisaran harga gitar yang mau anda beli. Harga tidak pernah bohong. Semakin mahal harga gitar, semakin bagus kualitas yang akan kita peroleh. Poin pertama ini memang harus disesuaikan dengan kemampuan finansial anda untuk menyiapkan budget yang cukup untuk membeli gitar. Tapi memurut pendapat saya, gitar dengan kisaran harga Rp. 800.000,- sampai Rp. 1.500.000,- sudah dapat digolongkan ke kriteria bagus kok. Apalagi jaman sekarang yang sudah banyak bertebaran gitar akustik lokal yang harganya lebih murah akan tetapi kualitasnya cukup bersaing.

2. Perhatikan senar gitar yang akan digunakan. Senar gitar akustik itu umumnya ada dua jenis senar yaitu nylon dan steel. Sebagai pemula, tidak masalah menggunakan nilon ataupun steel. Tetapi patut diperhatikan bahwa memainkan senar steel pada awalnya jari akan terasa lebih sakit dibandingkan menggunakan senar nilon. Senar nilon juga suaranya lebih “bulat” dibandingkan senar steel yang lebih “cempreng”. Selain itu, senar nilon lebih enak untuk dipetik, sedangkan senar steel lebih pas untuk digenjreng menggunakan pick. Sekarang tinggal anda yang menentukan selera seperti apa yang diinginkan dalam bermain gitar akustik tersebut.

3. Tentukan bentuk semua bagian gitar akustik yang anda inginkan yang nyaman dengan tubuh anda. Perhatikan beberapa bentuk body gitar aksutik dibawah ini.

Image

Mengapa bentuk body juga penting? ini sangat berkaitan erat dengan kenyamanan anda dalam posisi anda dalam memainkan gitar. Cobalah memainkan gitar yang akan anda beli dengan beberapa posisi seperti duduk di kursi, duduk di lantai ataupun berdiri. Kalau sudah anda anggap nyaman, berarti itu bentuk bodi gitar yang pas untuk anda. Gitar yang saya punya mempunyai bodi berbentuk dreadnought dengan pantatnya yang sedikit lebar dan lekukan yang pas di paha saya ketika saya mainkan dengan posisi duduk di kursi.

Selain itu bahan kayu yang digunakan disetiap bagian gitar juga harus diperhatikan karena kayu disini sangat menentukan suara yang dihasilkan dan kenyamanan anda dalam bermain. Di bawah ini ada beberapa jenis kayu yang digunakan untuk membuat gitar. Kayu-kayu tersebut juga biasa disebut tonewood. Masing-masing kayu mempunyai kelebihan dan kekurangan, silahkan di cek lewat gambar di bawah ini.

Image

Dan terakhir yaitu leher (neck) dan papan jari (finger board) harus sesuai dengan tangan anda. Cobalah leher gitar dan mainkan di papan jari apakah sudah nyaman atau belum dengan bentuk tangan dan jari anda karena kenyamanan akan sangat mempengaruhi dalam teknik bermain anda nanti.

4. Dengarkan suara gitar dengan seksama ketika anda coba. Apakah suara gitar akustik tersebut sudah sesuai dengan selera telinga anda atau tidak. Warna suara gitar ada yang “renyah” ataupu “warm” itu, jadi tergantung dengan jenis bentuk suara yang anda inginkan apakah sudah pas di telinga anda. Setelah dirasa sudah pas, jangan lupa untuk memperhatikan setiap nada yang dihasilkan gitar akustik tersebut apakah ada yang fals atau tidak. Nada yang fals dapat kita cek dengan memetik setiap nada yang ada di fret dan mencocokannya menggunakan tuner. Ini salah satu contoh guitar tuner.

Image

5. Cek bonus yang anda dapat. Apakah gitar yang anda beli sudah lengkap apa tidak, seperti softcase, senar baru, pick, buku gitar dan lain sebagainya. Kalau gitar yang saya miliki alhamdulillah sudah mendapat bonus berupa softcase, saddle, dan beberapa string peg.

6. Teliti lagi untuk memeriksa seluruh bagian gitar akustik. Jangan sampai ketika anda sudah membeli gitar tersebut terdapat rasa kecewa ketika gitar sudah sampai di rumah. Cek lagi apakah ada bagian gitar yang rusak, lecet, dan finishing yang tidak sempurna.

7. Selamat menggenjreng ria bersama gitar akustik baru. ๐Ÿ™‚

Advertisements

30 thoughts on “Cara memilih gitar akustik yang cocok untuk anda

  1. hehe.. mantep dah tipsnya.. jadi referensi yang bagus buat nyari gitar baru.. dah 10 taun kagak main gitar.. yang dulu udah gak tau kemana setelah berpindah tangan (bukan di jual, di pinjam dan entah hilang ke tangan siapa)

  2. Saya sedang belajar gitar. Ada gitar dirumah, tapi entah mengapa suaranya sember, saya yang salah memainkan atau memang gitarnya gak bagus yah?

    Pengen beli gitar lagi, dan nemu tulisan ini. Makasih sarannya.

  3. Menurut saya yg penting yang maen gitarnya.
    Klo maennya buat sok sok an doang ga ada manfaatnya gitar yang harga 1M sekalipun.
    Karena kalo ditaruh toh tuh gitar ga bisa bunyi.. ๐Ÿ˜€
    Ingat ya itu menurut saya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s