Bagaimana cara menjadi seorang musisi?

indexBanyak sekali orang yang bermimpi menjadi seorang musisi. Beberapa orang memang mempunyai bakat di bidang musik, akan tetapi tidak sedikit pula yang harus berlatih keras untuk menjadi seorang musisi handal. Menjadi seorang musisi sebenarnya bukan hal yang mustahil, tetapi untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah. Kita harus berkomitmen, selalu berlatih dan sabar. Mungkin beberapa poin dibawah ini bisa menjadi langkah-langkah penting untuk menjadi seorang musisi yang handal. Check it out!

1. Pilihlah alat musik yang sesuai dengan minat dan bakat. Mungkin di antara anda ada yang ingin menjadi gitaris seorang band rock, drummer beraliran blues, ataupun seorang violinist di suatu orchestra terkenal. Alat musik pertama yang anda pilih sangat menentukan ke arah mana anda akan memulai perjalanan musik anda, karena melakukan sesuatu itu harus dimulai dengan rasa senang dan minat terlebih dahulu. Sekedar tips dari saya, dalam memilih dan membeli suatu alat musik alangkah baiknya anda ditemani oleh teman ataupun guru musik yang lebih paham alat musik mana yang cocok buat anda. Karena bagaimanapun anda masih orang awam dalam bidang musik. Untuk awal belajar alangkah lebih baik jangan dulu membeli alat musik yang mahal karena mungkin saja bakat musik anda bukan di instrumen tersebut sehingga harus berganti ke alat musik yang lain.

2. Pelajarilah teori musik dan latihan rutin. Bagi sebagian orang, mempelajari teori musik itu buang-buang waktu. Di sini kesalahan kita yang terlalu menyepelekan hal penting ini. Bagaimanapun, teori musik merupakan bagian yang sangat penting dalam memainkan suatu instrumen dan menulis sebuah lagu. Teori musik sebenarnya dapat dengan mudah kita pelajari di buku-buku musik dan internet. Apalagi bila kita mempunyai uang lebih untuk belajar di sekolah musik, bisa lebih mantap dan serius lagi belajar teorinya. Jangan lupa juga untuk mempelajari lebih dalam tentang sejarah musik dan segala macam pengetahuan tentang musik karena pengetahuan ini akan sangat berguna dalam keprofesionalan kita dalam bermusik. Dengan teori yang mumpuni, kita bisa mempelajari teknik-teknik bermain yang lebih spesifik. Ketika mempelajari suatu alat musik, kejenuhan pasti akan kita lalui. Hal ini jangan dijadikan halangan buat kita untuk tetap bermusik, karena ketika kejenuhan menghampiri kita, itu berarti kita sudah melalui setengah perjalanan untuk menjadi seorang musisi handal. Berlatihlah secara teratur dan tetap semangat.

3. Mencari teman bermusik. Teman atau partner bermusik itu penting. Ketika skill bermusik kita meningkat pesat dengat teori matang. Carilah teman yang seide dan satu tujuan dalam bermusik. Kita bisa berbagi pengalaman dan ilmu untuk lebih dalam mempelajari minat musik yang akan kita fokuskan. Bermusik secara bersama-sama akan membuat belajar musik serasa lebih menyenangkan. Bisa dengan cara membentuk suatu band ataupun ikut serta dalam komunitas seni lainnya.

4. Enjoy it. Nikmati kehidupan bermusik kita dan teruslah berkarya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s